PENYERAHAN SARANA PENGELOLAAN SAMPAH 3R

Senin Legi, 20 Februari 2017 09:55 WIB ∼ 923

Foto Berita

Penyerahan Sarana Pengelolaan Sampah (3R)

Penyerahan Sarana Pengelolaan sampah ( 3R ) di KSM “ Agung Rejeki “ didusun Bulus wetan, Desa Sumberagung, Jetis, Bantul dari Satker DPU DIY.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at,  tanggal 17 Pebruari 2017, Jam 13.30 wib bertempat di Dusun Bulus wetan, Sumberagung.

Sarana yang diserahkan berupa : Bangunan pengolahan, kantor pemasaran, Mesin Pencacah sampah, mesin pengayak, kendaraan pengangkut.

Pada kesempatan tersebut dilakukan uji coba peralatan / mesin yang disaksikan oleh Camat Jetis, Lurah Desa Sumberagung dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Ka. Satker DPU DIY menyampaikan bahwa : pada tahun 2016 Satker DPU DIY memberikan Sarana pengelolaan sampah ini untuk Kabupaten Bantul sebanyak 2 ( dua ) buah/tempat yang satunya di Desa Potorono, Banguntapan,

Dari sejumlah permohonan yang cukup banyak setelah dicek lokasi dan study kelayakan maka KSM “ Agung Rejeki” di  Dusun Bulus wetan ini layak untuk diberi bantuan dimaksud. Maka Satker DPU DIY sangat berharap agar peralatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya sehingga dapat meningkatan Kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Dalam kesempatan itu  Camat Jetis dalam sambutannya : Yang pertama berterima kasih kepada Satker DPU DIY yang telah memilih KSM “Agung Rejeki” ini untuk diberi bantuan peralatan pengolahan sampah. Dengan adanya peralatan ini Camat Jetis  berharap agar peralatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna mendukung keberhasilan program kebersihan lingkungan baik tingkat dusun, Desa atau Kecamatan Jetis. Dengan moto “ BERSIH JIWAKU BERSIH LINGKUNGANKU “

Dan juga berharap agar dengan peralatan ini sampah tidak menjadikan masalah tetapi sampah menjadi berkah dan rupiah melimpah. Dengan demikian kesejahteraan warga masyarakat akan gemah ripah.

Cara kerja : Sampah dari warga masyarakat dipisah antara sampah organic dan sampah non organic, kemudian ditampung/dipool di tempat pengolahan sampah. Sampah organic dicacah dengan mesin pencacah. Kemudian sampah yang sudah dicacah ditimbun berlapis dengan kotoran hewan dan tanah kemudian di permentasi beberapa hari dan diaduk agar bercampur dan setelah tercampur dan berubah jadi lunak. Campuran ini kemudian diayak dengan mesin pengayak sehingga berbentuk butiran kecil setelah agak kering dikemas untuk dikirim kepada pemesan. Sampai saat ini konsumen pemesan sangat membutuhkan banyak sekali pupuk kompos ini, jadi Pihak pengelola tidak kawatir kalau hasil produksinya tidak laku.


Puskesmas
di Kapanewon Jetis

Puskesmas Jetis I

Puskesmas Jetis I

Denokan, Trimulyo, Jetis, Bantul
(0274) 7466860

Puskesmas Jetis II

Puskesmas Jetis II

Jalan Parangtritis Km 15 Patalan Jetis Bantul
(0274) 6460069

Komando Rayon Militer Jetis

Koramil / Komando Rayon Militer Jetis

Jl. Imogiri Barat Km. 12 Jetis Bantul

Kepolisian Sektor Jetis

Polsek / Kepolisian Sektor Jetis

Jl. Imogiri Barat Km. 11, Kertan,Jetis Bantul
(0274) 765704

Kantor Urusan Agama Jetis

KUA / Kantor Urusan Agama Jetis

Komplek Kecamatan Jetis, Bantul
(0274) 7486356