Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Kapanewon Jetis

Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul dibentuk dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor  8 Tahun 2019 PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BANTUL. Adapun rincian tugas, fungsi dan tata kerja Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul diatur dalam Peraturan Bupati Bantul Nomor 123 Tahun 2019 tentang KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI,  SERTA TATA KERJA KAPANEWON SE KABUPATEN BANTUL

Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul. Kapanewon Jetis menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pemerintan Umum/ melaksanakan fungsi penunjang Fungsi Lainnya. Kapanewon Jetis dipimpin oleh Panewu  yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kapanewon Jetis menyelenggarakan fungsi antara lain :

  1. Penyusunan rencana kerja Kapanewon;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan umum;
  3. Penyelenggaraan pelayanan publik;
  4. Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  5. Pengoordinasian pemberdayaan masyarakat dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di Kalurahan dan Kapanewon.
  6. Pengoordinasian program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta.
  7. Pemberdayaan masyarakat di bidang sosial, pendidikan,kesehatan, pemberdayaan perempuan, kebudayaan serta pemuda dan olahraga di tingkat Kapanewon;
  8. Pengoordinasian penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  9. Pengoordinasian penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah di wilayah Kapanewon;
  10. Pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  11. Pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat Kapanewon;
  12. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan Kalurahan;
  13. Pelaksanaan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah;
  14. Pelaksanaan evalusi kinerja penyelenggaraan pemerintahan Kapanewon dan Kalurahan;
  15. Pengoordinasian, pemantauan, dan evaluasi terhadap perencanaan dan pengendalian urusan Keistimewaan di wilayah Kapanewon;
  16. Pelaksanaan kesekretariatan Kapanewon;
  17. Pemantauan, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi Kapanewon; dan
  18. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sedangkan tugas dan fungsi masing-masing struktur dalam susunan organisasi Kapanewon  adalah sebagai berikut:

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, pemantauan, evaluasi, pelaporan, pengelolaan keuangan, kepegawaian, barang milik daerah, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta mengoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi di lingkungan Kapanewon.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja Sekretariat;

 

  1. perumusan kebijakan teknis kesekretariatan;
  2. penyusunan program kerja Kapanewon;
  3. pengoordinasian   pelaksanaan   tugas   satuan   organisasi   di   lingkungan Kapanewon;
  4. pengelolaan keuangan Kapanewon;
  5. penyelenggaraan kepegawaian Kapanewon;
  6. penyelenggaraan kerumahtanggaan, pengelolaan barang milik daerah, kepustakaan, kearsipan, kehumasan, hukum, organisasi dan ketatalaksanaan Kapanewon;
  7. pengelolaan data dan pengembangan sisteminformasi;
  8. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi program serta penyusunan laporan kinerjaKapanewon;
  9. pelaksanaan programkesekretariatan;
  10. pengoordinasian, pengendalian dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaporan urusan keistimewaan Kalurahan;
  11. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan program kerja Sekretariat;
  12. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panewu sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu. 
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian. 
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian. 
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam ayat (3), Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :
  1. penyusunan rencana kerja Sub Bagian;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan umum dan kepegawaian;
  3. penyiapan dan pelaksanaan urusan tata usaha;
  4. penyiapan dan pelaksanaan urusan kepegawaian;
  5. penyiapan dan pelaksanaan urusan rumah tangga;
  6. penyiapan dan pelaksanaan urusan tata persuratan dan kearsipan;
  7. penyiapan dan pelaksanaan urusan kerjasama dan kehumasan;
  8. penyiapan dan pelaksanaan urusan hukum, organisasi dan tata laksana; 
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bagian; dan
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Program, Keuangan dan Aset berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

 

Sub Bagian program,keuangan dan Aset

  1. Sub Bagian Program dan Keuangan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian.
  2. Sub Bagian Program dan  Keuangan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan urusan perencanaan, evaluasi, keuangan
  3. Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Program, Keuangan dan Aset menyelenggarakan fungsi :
  1. penyusunan rencana kerja Sub Bagian;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan perencanaan dan evaluasi;
  3. penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana strategis;
  4. penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana kegiatan dan anggaran;
  5. penyiapan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi;
  6. penyiapan bahan penyusunan laporan program dan kegiatan.
  7. penyiapan dan pelaksanaan penatausahaan keuangan;
  8. penyiapan dan pelaksanaan penatausahaan barang milik daerah;
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bagian; dan 
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan  fungsinya.

 

Jawatan Praja

  1. Jawatan Pemerintahan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu melalui Panewu Anom
  2. Jawatan Praja dipimpin oleh Kepala Praja
  3. Jawatan Praja mempunyai tugas menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kapanewon. 
  4. Dalam melaksanakan tugas Jawatan Praja menyelenggarakan fungsi :
  1. penyusunan rencana kerja Jawatan; 
  2. pelaksanaan urusan pemerintahan umum di lingkup Kapanewon, meliputi : 
  1. pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalam Pancasila, pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pemertahanan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa;
  3. pembinaan kerukunan antarsuku dan intrasuku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan lokal, regional, dan nasional; 
  4. penanganan konflik sosial sesuai ketentuan peraturan perundang undangan;
  5. koordinasi pelaksanaan tugas antarinstansi pemerintahan yang ada di wilayah
  6. Daerah provinsi dan Daerah kabupaten untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan memperhatikan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, pemerataan,  keadilan, keistimewaan dan kekhususan, potensi serta keanekaragaman Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila; dan 
  8. pelaksanaan semua Urusan Pemerintahan yang bukan merupakan kewenangan  Daerah dan tidak dilaksanakan oleh Instansi Vertikal.
  1. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan di Kapanewon, Perangkat Daerah dan instansi vertikal di tingkat Kapanewon;
  2. penyiapan bahan dan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di  tingkat Kapanewon; 
  3. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi administrasi pertanahan;
  4. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi administrasi kependudukan;
  5. penyiapan bahan dan pelaksanaan fasilitasi, pembinaan dan pengawasan

administrasi pemerintahan desa;

  1. penyiapan bahan dan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap lurah desa dan pamong desa;
  2. menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di  tingkat Kapanewon, yang meliputi :
  1. fasilitasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
  2. fasilitasi penyusunan Peraturan Desa;
  3. fasilitasi penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa;
  4. fasilitasi penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
  5. fasilitasi penetapan dan penyelesaian sengketa batas Desa;
  6. fasilitasi pengusulan penjabat lurah desa;
  7. fasilitasi pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian lurah desa dan pamong desa;
  1. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Jawatan; dan
  2. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panewu terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Jawatan  Ketenteraman

  1. Jawatan Ketenteraman dan Ketertiban berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu melalui Sekretaris. 
  2. Jawatan Ketenteraman dan Ketertiban dipimpin oleh Kepala Jawatan. 
  3. Jawatan Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai tugas menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengoordinasian penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, serta penegakan peraturan daerah di tingkat Kapanewon. 
  4. Dalam melaksanakan tugas Jawatan Ketentraman dan Ketertiban menyelenggarakan fungsi :
  1. penyusunan rencana kerja Jawatan; 
  2. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan Muspika, tokoh agama,    tokoh masyarakat, pengurus ormas, pengurus organisasi sosial dan politik di tingkat  Kapanewon;
  3. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong  Praja; 
  4. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait dalampenyelenggaraan perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana alam;
  5. pelaksanaan kegiatan pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum;
  6. pelaksanaan pemantauan ketenteraman dan ketertiban umum; 
  7. penyiapan bahan dan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan di tingkat Kapanewon;
  8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Jawatan; dan
  9. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panewu terkait dengan tugas dan    fungsinya.

 

Jawatan Pelayanan Umum

  1. Jawatan Pelayanan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu melalui  Sekretaris. 
  2. Jawatan Pelayanan dipimpin oleh Kepala Jawatan
  3. Jawatan Pelayanan mempunyai tugas menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengoordinasian penyelenggaraan pelayanan umum di tingkat Kapanewon.  
  4. Dalam melaksanakan tugas Jawatan Pelayanan menyelenggarakan fungsi :
  1. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan umum  di  tingkat Kapanewon;
  2. penyiapan bahan dan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan pelayanan umum di ingkat Kapanewon;
  3. pelaksanaan pelayanan umum;
  4. pelaksanaan dan pengembangan pelayanan satu pintu di Kapanewon;
  5. pelaksanaan standar operasional dan prosedur (SOP) pelayanan;
  6. pelaksanakan percepatan pencapaian standar pelayanan publik;
  7. pelaksanaan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pelayanan umum di Kapanewon dan desa;
  8. pelaksanaan penyusunan indeks kepuasan masyarakat;
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bagian; dan
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panewu terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Jawatan Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup

  1. Jawatan Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu melalui Sekretaris.
  2. Jawatan Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup dipimpin oleh Kepala Jawatan. 
  3. Jawatan Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup mempunyai tugas menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi, pembangunan dan lingkungan hidup di tingkat Kapanewon.
  4. Dalam melaksanakan tugas Jawatan Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja Jawatan; 

  1. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan  kegiatan   pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi, pembangunan dan  lingkungan  hidup di tingkat Kapanewon;
  2. penyiapan bahan dan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan kegiatan  pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi, pembangunan dan lingkungan  hidup di tingkat Kapanewon;
  3. pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan tingkat Kapanewon;
  4. pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan musyawarah rencana pembangunan tingkat  Desa;
  5. penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan Perangkat Daerah dan/atau  instansi vertikal, serta instansi swasta yang tugas dan fungsinya di bidang  pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  6. pelaksanaan kegiatan peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan  pelaksanaan pembangunan  di tingkat Kapanewon;
  7. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Jawatan; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panewu terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Puskesmas
di Kapanewon Jetis

Puskesmas Jetis I

Puskesmas Jetis I

Denokan, Trimulyo, Jetis, Bantul
(0274) 7466860

Puskesmas Jetis II

Puskesmas Jetis II

Jalan Parangtritis Km 15 Patalan Jetis Bantul
(0274) 6460069

Komando Rayon Militer Jetis

Koramil / Komando Rayon Militer Jetis

Jl. Imogiri Barat Km. 12 Jetis Bantul

Kepolisian Sektor Jetis

Polsek / Kepolisian Sektor Jetis

Jl. Imogiri Barat Km. 11, Kertan,Jetis Bantul
(0274) 765704

Kantor Urusan Agama Jetis

KUA / Kantor Urusan Agama Jetis

Komplek Kecamatan Jetis, Bantul
(0274) 7486356