LAUNCHING PROGRAM GARDU SEDAP

 

         Jetis,  Rabu (27/7).  Panewu Jetis   melaunching  Program “GARDU SEDAP”.  Kegiatan dilaksanakan  di halaman  rumah Suparlan, salah satu warga RT. 03  Gadungan Kepuh Kalurahan Canden.  Acara dimulai jam 08.30  sampai dengan jam 10.00 WIB dihadiri  oleh Forkompim Kapanewon Jetis,  Kepala Puskesmas Jetis 2, Kepala KUA Jetis, Dukuh Gadungan Kepuh, Ketua TP PKK Dusun Gadungan Kepuh, Kader Kesehatan, Tokoh masyarakat dan  warga Gadungan Kepuh.

         “GARDU SEDAP”  adalah Gerakan Dusun Sehat Gadungan Kepuh, yaitu salah satu program  usaha promotif  dibidang kesehatan  dengan tujuan agar  tercipta  kemandirian masyarakat dan keluarga di bidang kesehatan.  Masyarakat  berperan aktif dalam meningkatkan dan mengatasi masalah kesehatan.

         Program ini dilatarbelakangi  dengan assessment yang dilaksanakan   dengan melibatkan langsung  warga masyarakat Gadungan kepuh .  Dari assessment  tersebut dapat diketahui  beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu  berupa capaian jumlah RT ber-PHBS di Dusun Gadungan Kepuh 40,3 % sedangkan target renstra adalah 51,8%, Masih ada 50% yang merokok di dalam rumah dan pada saat pertemuan/ rapat (berdasarkan hasil SMD), Terdapat 33,3% ibu hamil yang belum mengetahui tanda kehamilan beresiko, Balita dengan status gizi kurang sebanyak 3 balita, balita dengan status tinggi badan pendek sebanyak 5 balita, Jumlah Ibu hamil beresiko sebanyak 3 orang. 1 KEK, 1 umur > 35 th, 1 anemia, Penderita hipertensi yang tidak berobat rutin ada 40%, 66,7% Rumah tangga yang pengelolaan sampah dengan cara dibakar, Presentase rumah tangga yang melakukan pemilahan sampah organic anorganik hanya sebesar 32,84%,60% rumah tangga yang belum memanfaatkan tamanan obat keluarga untuk menjaga Kesehatan, dan berdasarkan diskusi dalam FGD jiwa tahun 2019 didapatkan hasil skrining awal dari kader terdapat 7 orang yang mengarah pada gangguan mental emosional dan belum dilakukan pengobatan. 

          Dengan latar belakang tersebut   dan dukungan ketersediaan potensi sumberdaya serta semangat yang  dimiliki Dusun Gadungan Kepuh, maka  diluncurkalah Program  GARDU SEDAP.  Harapannya program  ini dapat berjalan dengan baik  sehingga dapat memberikan manfaat yang seluas -luasnya   bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi dusun-dusun lain di Kapanewon Jetis.(er)