Monitoring dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak di Kapanewon Jetis

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Tim Monitoring dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak Kabupaten Bantul berkunjung ke kantor Kapanewon Jetis pada selasa 11 oktober 2022, untuk mengetahui kondisi dukungan terhadap program Kabupaten Layak Anak. Rombongan Tim Kabupaten disambut dan diterima oleh Panewu dan Staf di aula Kapanewon Jetis. Dalam sambutanya Panewu Jetis menyampaikan bahwa Kabupaten Layak Anak telah menjadi program Bupati Bantul yang harus didukung dan disukseskan. Sejauh ini Kapanewon Jetis telah melaksanakan upaya upaya untuk mendukung Kabupaten Layak Anak, namun mungkin masih perlu dibenahi, untuk itu Panewu Jetis mengharapkan arahan dari Tim Monev agar dapat tercapainya taget Kapanewon Layak Ini, mengingat anak merupakan calon generasi penerus di masa datang.

Sementara itu tim Monitoring dan Evaluasi Kabupaten menyampaikan berbagai hal dengan poin poin sebagai berikut :

  1. Kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah untuk melaksanakan perintah Bupati lewat Sekretaris Daerah sebagai Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak untuk mengetahui komitmen dan dukungan pimpinan OPD terhadap program Kabupaten Layak Anak yang ditargetkan tercapai pada tahun 2024.
  2. Target Kabupaten Layak Anak mensyaratkan tercapainya 14 indikator Kabupaten Layak Anak. Pemenuhan 14 indikator ini tentunya bukanlah hal yang instan, untuk itu kegiatan semacam ini akan dilakukan tahun demi tahun untuk melakukan pengukuran perkembangan KLA di OPD.
  3. Karena kegiatan ini adalah tahun pertama, untuk kali ini 14 indikator dirangkum dalam 4 indikator besar yang diharapkan dapat dipenuhi sampai dengan akhir oktober.

4 Indikator ini antara lain :

  1. Dokumen dokumen penunjang KLA
  2. Profil Anak Kapanewon
  3. Daftar Kegiatan Penunjang KLA
  4. Identifikasi Sarana dan Prasarana Pendukung

Acara dilanjutkan dengan penyampaian dari berbagai instansi terkait antara lain Puskesmas Jetis 1, Puskemas Jetis 2, Polsek, PKB, Korwil Pendidikan tentang pelaksanaan KLA di instansi masing masing. Terungkap bahwa masing masing OPD telah melakukan inovasi beberapa program yang menunjang kegiatan KLA antara lain : Penerbitan SK Kabupaten Layak Anak, Kegiatan Karang Taruna Peduli Stunting, Konsultasi Kesehatan Remaja, Barisan Kader Kesehatan Pedamping Ibu dan Anak, Pencegahan Perkawinan Dini, Penyuluhan Reproduksi Remaja di Sekolah, Pendampingan Kasus Kekerasan, Tumbuh Kembang Balita, Pelacakan Gizi Buruk, Gizi Kurang, Stunting, Posyandu Balita, Kelas Ibu Balita, Konsultasi Psikologi Remaja, Pijat Bayi, Layanan Imunisasi, Pendampingan Keluarga Anak Maal Nutrisi, Kawasan Bebas Rokok, Program Pencegahan Anak Putus Sekolah

Dari hasil penyampaian kondisi kapanewon dan instansi terkait tim Monitoring dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak Kabupaten Bantul menyatakan bahwa pelaksanaan KLA di Kapanewon Jetis telah berjalan dengan baik, bahkan bisa menjadi salah satu sampel untuk Kapanewon Layak Anak.