Pelatihan Daur Ulang Sampah Untuk ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa)

Jetis, Jum'at (12/08). UPT  Puskesmas Jetis I melaksanakan kegiatan  Pelatihan Daur Ulang Sampah  untuk ODGJ ( Orang Dengan Gangguan Jiwa).   Hadir dalam acara tersebut  Kepala Puskesmas Jetis 1, Unsur dari Kapanewon Jetis, Unsur Koramil Jetis, unsur Polsek Jetis, unsur Dinas Sosial   Sosial Kabupaten Bantul  serta  Unsur Kalurahan Sumberagung dan Trimulyo.

“GERDU INDAH”  (Gerakan Terpadu Cinta Sampah) merupakan  salah satu inovasi Tenaga sanitasi Lingkungan di puskesmas Jetis 1, Bantul, Yogjakarta.  Menurut  Sri Nurus Staniati, SKM.  Inovasi ini diluncurkan dalam rangka  mendukung program Bupati Bantul “Bantul Bersih Sampah 2025”.  Selain itu program ini dimaksudkan  untuk  menjaga keberlanjutan program STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyatakat).

Salah satu bentuk kegiatan dari GERDU INDAH yaitu dengan memberdayakan ODGJ untuk ikut berperan dalam upaya  pengelolaan sampah  melalui  inovasi Si Jawara Jos (Pasien Jiwa Sehat Sejahtera Jenius Olah Sampah). Dalam  pelatihan peserta dilatih untuk terampil dan kreatif dalam  mendaur ulang sampah menjadi produk yang bernilai  ekonomi. Contohnya yaitu sampah dari bahan kain bekas linen Puskesmas Jetis I yang sudah disterilkan diubah  menjadi pot tanaman dan sebagainya. 

Bantul Bersih sampah 2025
Salam 5 Pilar STBM (spt)