Pelatihan Digital Marketing untuk Keluarga Penerima Manfaat Program PKH

Kamis, 20 Oktober 2022 di Pendopo Kapanewon Jetis dilaksanakan kegiatan pelatihan digital marketing untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Mahasiswa Praktikum Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan pendamping PKH Kapanewo. Kegiatan dibuka Panewu Jetis, Anwar Nur Fahrudin SSTP MEng. Program pelatihan ini menghadirkan narasumber Rosalina Kurnia Handayani dari Dinas Koperasi DIY. Program ini nanti akan ditindaklanjuti dengan mencoba mempraktikan rekomendasi agar usaha peserta dapat semakin berkembang.
Kegiatan Praktikum Prodi PMI dilakukan selama satu tahun. Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha untuk mempraktikan ilmu yang didapat di kampus dan membantu pemerintah ikut mengurangi kemiskinan. Dr Pajar Hatma Indra Jaya, dosen pembimbing praktikum mengatakan, selama ini pemerintah telah mengeluarkan dana cukup besar untuk program pengentasan kemiskinan, namun hasilnya belum maksimal. Karena itu kampus perlu terus berinovasi dan terlibat langsung ke lapangan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan.
Salah satu yang bisa dikerjakan adalah melakukan penguatan usaha yang dimiliki ibu-ibu KPM PKH. Beberapa penerima program PKH selama ini telah mempunyai usaha, namun hasilnya masih banyak yang sekedar jalan di tempat, bahkan ada yang macet. Agar usaha dapat berkembang maka diperlukan pelatihan dan pendampingan sehingga timbul penyadaran tentang kesalahan usaha yang dilakukan selama ini dan segera diperbaiki. Inovasi menjadi kata kunci program pengentasan kemiskinan. Inovasi yang dilakukan bisa berupa diferensiasi usaha dengan menonjolkan satu keunikan produk. Keunikan produk ini bisa ditawarkan ke masyarakat melalui media digital. Agar ada lompatan kesejahteraan wirausaha wajib melakukan perubahan. Kegiatan ini berjalan aman, tertib dan lancar.